Selasa, 04 Agustus 2015

Resep dan Cara Membuat Kue Engkak Ketan Khas Palembang


Resep dan Cara Membuat Kue Engkak Ketan Khas Palembang

Satu lagi kue khas kota Palembang yang sangat istimewa, namanya Kue Engkak Ketan.  Kue Engkak Ketan termasuk jenis kue basah yang hampir sama dengan kue kojo susu. Namun, kue ini dibuat tanpa menggunakan bahan susu. Kue lapis Engkak Ketan ini terkenal karaena rasanya yang enak dan lezat. Bagi anda yang ingin membuat Kue Engkak Ketan, silahkan anda mencoba resep Kue Engkak Ketan berikut ini. Sebenarnya cara membuat Kue Engkak Ketan tidak terlalu sulit. Hanya saja ketika membuat memang perlu ketelatenan.


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat
  1. Telur 10 butir 
  2. Kelapa 4 buah ( santannya dijadikan blondo / setengah minyak )
  3. Vanili
  4. Gula pasir 1.5 Kg 
  5. Tepung ketan 1 kg

  1. Masak santan blondo dengan api sedang sambil diaduk aduk hingga mendidih. Kemudian masukkan gula dan aduk kembali sampai gula larut. Lalu angkat dan dinginkan. 
  2. Kocok telur sampai mengembang, campurkan dengan tepung ketan dan santan blondo yang telah dingin, dan aduk sampai rata kemudian tambahkan vanili.
  3. Siapkan loyang, oleskan mentega dan taburi tepung terigu. Kemudian, tambahkan adonan tadi ke loyang untuk lapisan pertama, pangganglah adonan tersebut selapis demi selapis selama 5 menit. Lakukan sampai lapisan terakhir dan panggang semuanya lagi selama 20 menit.  
  4. Lalu, angkat dan dinginkan.

Sajikan Kue Engkak Ketan ini untuk keluarga atau teman sebagai teman santai sambil minum teh.
Selamat mencoba membuat Kue Engkak Ketan. Semoga resep yang kami sebarkan ini bermanfaat.