Jumat, 07 Agustus 2015

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan

Kue lumpur kentang merupakan kue basah khas nusantara yang disukai oleh banyak orang. Kue lumpur kentang yang satu ini lebih spesial dibandingkan dengan jenis kue lumpur yang lainnya. Kue lumpur kentang yang mempunyai warna hijau pandan yang alami memang cantik dan juga menarik. Cara membuat kue lumpur pandan yang enak juga cukup mudah dan praktis. Berikut ini Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan.


Bahan Kue Lumpur Pandan Kentang
  1. Kentang yang sudah di kukus 200 gram ( haluskan )
  2. Tepung terigu 150 gram ( protein sedang, dan diayak)
  3. Telur 6 butir
  4. Santan 400 ml
  5. Daun pandan 2 lembar
  6. Pasta pandai 2 sendok teh
  7. Kismis untuk topping
  8. Vanilli 1/2 sendok teh
  9. Margarin 80 gram
  10. Gula pasir 200 gram
  11. Air 250 ml
  12. Garam 1/4 sendok teh

Cara membuat Kue Lumpur Pandan Kentang
  1. Masak air dengan gula, margarin, dan garam sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api. Lalu masukan tepung terigu sambil diaduk-aduk sampai adonan tercampur rata. Nyalakan api kembali dengan api kecil. Aduk sampai adonan kue lumpur tidak lengket di tangan dan kalis. Setelah itu, angkat adonan. Tambahkan vanilli bubuk dan aduk sampai rata.
  2. Angkat adonan dan taruh diwadah berukuran besar, lalu masukkan kentang yang telah dihaluskan, dan aduk rata kembali. Kemudian, biarkan adonan menjadi sedikit dingin.
  3. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok dengan tangan atau mixer berkecepatan rendah.
  4. Campurkan santan dan pasta pandan, kemudian tuangkan kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil dikocok agar adonan tercampur rata.
  5. Siapkan cetakan kue lumpur pandan, olesi permukaannya dengan margarin atau minyak goreng. Tuangkan adonan kue lumpur kedalam cetakan. Tutup sebentar sampai adonan kuenya setengah matang lalu taburi kismis dan tutup kembali. Dan kita tunggu sampai kue lumpur matang, dan langsung di angkat.
Tips Untuk Membuat Kue Lumpur:
Jika anda tidak ingin memakai bahan kentang anda dapat menggantinya dengan ubi jalar atau yang lainnya seperti kue lumpur labu kuning, kue lumpur ubi ungu atau kue lumpur keju.
Selain dipanggang, ada juga variasi kue lumpur yang dikukus bukan dipanggang. Biasanya kue kukus memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan dengan kue yang dipanggang.