Minggu, 09 Agustus 2015

Resep dan Cara Membuat Sosis Solo Kukus

Resep dan Cara Membuat Sosis Solo Kukus

Sosis solo merupakan jajanan khas kota solo yang banyak disukai orang karena rasanya yang enak dan gurih. Sosis solo ini mirip seperti risoles isi. Sosis solo kukus ini tidak hanya enak untuk dijadikan cemilan namun juga enak jika dijadikan sebagai lauk pauk. Bagi anda yang ingin membuat sosis solo kukus, berikut ini resep dari kami.

  1. Telur 4 butir
  2. Santan kental 125 ml
  3. Garam secukupnya
  4. Minyak sebagai olesan
Bahan Isi Sosis Solo
  1. Daging ayam 200 gram
  2. Santan kental 3 sendok makan
  3. Daun bawang 1 batang ( iris halus )

Bumbu sosis solo ( haluskan )
  1. Jintan 10 butir
  2. Kemiri 3 butir
  3. Bawang putih 2 siung
  4. Bawang merah 5 butir
  5. Gula pasir 2 sendok teh
  6. Garam secukupnya

Cara membuat Sosis Solo Kukus
  1. Cara membuat isi : campurkan daging giling dengan santan, telur, daun bawang serta bumbu yang telah dihaluskan, lalu aduk sampai rata, dan sisihkan.
  2. Cara membuat Kulit Sosis solo : Kocok telur, lalu tambahkan santan dan garam, kemudian aduk adonan sampai rata. Siapkan wajan datar, olesi dengan minyak, lalu masukkan 1 sendok makan adonan kulit, dan buat dadar yang tipis.
  3. Ambil selembar kulit sosis solo, isi dengan isinya kemudian gulung.
  4. Siapkan air dalam kukusan panci dan didihkan. Kukus sosis solo selama 20 - 30 menit sampai sosis solo matang. Untuk alasnya bisa dialasi dengan daun pisang agar tidak lengket. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan cabe rawit
Sekedar tips dari saya, agar warna sosis solo tetap menarik, saat mengukus Sosis Solo jangan sampai ditumpuk. Sajikan Kue Sosis Solo selagi hangat dengan cabe rawitnya sebagai teman cemilan bagi keluarga atau teman. Semoga resep ini bermanfaat.